Halaman

Kamis, 10 Mei 2018

7 Lokasi Belanja Paling Murah Meriah di Yogyakarta: Mari Belanja!

Salah satu aktivitas yang paling disenangi wisatawan saat di Jogja adalah belanja. Selain surganya kuliner dan wisata alam, Jogja memang menjadi surga yang akan memuaskan hasrat para shopaholic.


Anda pun tak perlu pergi ke mall untuk merasakan pengalaman belanja yang menyenangkan. Karena ada banyak lokasi belanja di Jogja yang menawarkan barang-barang yang menarik untuk dilirik. Dari sekian banyak lokasi belanja, berikut kami merangkum 7 lokasi belanja paling murah di Jogja:

1. Malioboro 

Sebagai pusat wisata Jogja, jalan Malioboro kerap ramai wisatawan yang berburu oleh-oleh. Entah itu berupa makanan maupun pakaian. Ya, sepanjang jalan Malioboro dipadati toko hingga sampai pedagang emperan. Barang yang mereka jual pun begitu beragam dan bisa ditawar. Mulai dari kaos, batik, makanan hingga aksesoris. Aktivitas menyusuri emperan dan toko-toko di kawasan Malioboro untuk berburu oleh-oleh atau sekadar jalan-jalan akan menjadi aktivitas yang membuat Anda lupa waktu.

2. Pasar Beringharjo 

Pusat belanja selanjutnya adalah Pasar Beringharjo yang terletak di ujung selatan jalan Malioboro. Pasar legendaris ini telah berabad-abad menjadi pusat aktivitas ekonomi warga Jogja dan kini menjadi salah pusat belanja terbesar di Jogja yang menjual berbagai kebutuhan. Sepertinya hampir semua ada di pasar ini. Mulai dari jajanan pasar, oleh-oleh, jamu, pakaian, kain, hingga barang antik. Asyiknya lagi, barang-barang yang dijual di Pasar Beringharjo masih bisa ditawar dengan harga lebih rendah.

3. Manding 

Jogja juga punya pusat belanja yang akan memuaskan hasrat para penggemar kerajinan kulit. Di mana lagi kalau bukan di Manding, kawasan yang menjadi sentra produksi kerajinan kulit terkenal di Kabupaten Bantul. Beragam kerajinan kulit mulai dari dompet, tas, sepatu, sandal, jaket, dapat anda temukan di sini.

Di kawasan ini, ada puluhan rumah yang memproduksi aneka kerajinan berbahan kulit, seperti tas, sepatu, dompet, dan jaket. Semua bisa didapat dengan harga jauh lebih murah disbanding toko. Soal kualitas tak perlu diragukan karena produk-produk yang dijual di Manding terkenal memiliki kualitas ekspor.

4. Kasongan 

Kasongan terkenal sebagai kawasan yang menjadi sentra kerajianan gerabah dan keramik. Aneka kerajinan gerabah dan keramik bisa ditemukan di sana. Mulai dari pot, guci, patung, hiasan dinding, hingga peralatan dapur. Beralamat di di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Kasongan sangat sayang untuk dilewatkan saat Anda berburu oleh-oleh di Jogja. Karena banyak kerajinan cantik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh ataupun pajangan di rumah.

5. Pasar Seni Gabusan 

Memiliki luas sekitar 4 hektar, Pasar Seni Gabusan menjadi salah satu pusat belanja kerajinan di Jogja yang menjadi tempat berjualan ratusan pengrajin dari Bantul. Barang yang banyak dijajakan di pasar ini antara lain kerajinan batik, gerabah, keramik, kulit, bambu, kayu, hingga logam. Setiap jenis kerajinan dikelompokkan dalam blok khusus. Pasar yang berlokasi di Jl. Parangtritis Km 9,5 ini diciptakan agar para wisatawan dapat menikmati karya seni hasil pengrajin lokal tanpa harus repot mengunjungi setiap desa yang memproduksinya.

6. Pasar Klithikan  

Meski didominasi pedangan yang menjual barang bekas, Pasar Klithikan yang terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No.34, Pakuncen, Wirobrajan, ini punya penggemar tersendiri. Ya, ciri yang membedakan pasar ini dengan pasar tradisional lain adalah banyaknya pedagang yang menjual barang antik atau jadul. Anda bisa menemukan barang-barang antik, ponsel lawas, hingga aksesoris dan onderdil kendaraan. Jika Anda penggemar motor tua, tentu pasar ini jangan sampai terlewat dari daftar perjalanan Anda saat berada di Jogja.

7. Pasar Tumpah UGM 

Pasar Tumpah UGM hanya buka setiap hari Minggu mulai jam 5 pagi hingga 12 siang. Karenanya, pasar ini kerap disebut dengan nama keren Sunday Morning atau SunMor. Jika Anda kebetulan berada di Jogja hari minggu, tak ada salahnya mampir ke pasar yang berlokasi di Jl. Notonagoro, Bulaksumur, Yogyakarta ini.

Anda bisa berburu aneka barang untuk dijadikan buah tangan dengan harga murah. Seperti pakaian, kerajinan, seperti, hingga peralatan rumah tangga masih dapat ditawar untuk mendapat harga serendah mungkin. Di pasar ini juga banyak dijajakan aneka makanan lezat yang layak untuk dicoba.