Halaman

Sabtu, 05 Mei 2018

7 Cafe dan Lokasi Makanan Enak tapi Murah di Jogja: Catat Lokasinya Sob!

Saat berlibur ke Jogja, ada banyak kuliner yang akan memanjakan lidah. Tapi ketika berlibur ke suatu daerah, tak afdol kalau kita tak mencoba kuliner legendarisnya. Kalaupun kurang cocok dengan citarasa makanan khas Jawa yang dominan rasa manis, Jogja punya banyak pilihan kafe dan tempat makan lainnya dengan menu beragam yang harga makanannya tetap murah.

7 Cafe dan Lokasi Makanan Enak tapi Murah di Jogja: Catat Lokasinya Sob!

Nah, untuk Anda yang bingung makan di mana, berikut 7 café dan lokasi makanan enak tapi murah di Jogja:

1. Gudeg Mbah Lindu 

Mencari gudeg enak? Coba gudeg Mbah Lindu yang terkenal di jalan Malioboro. Mbah Lindu merupakan salah satu penjual gudeg legendaris di Jogja yang sudah berjualan sejak usia remaja, dan sekarang usianya sudah satu abad. Hingga kini masih eksis, gudeg racikan Mbah Lindu hampir selalu antri pembeli. Sudah pasti rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi! Harganya cukup ramah di kantong antara 15 ribu hingga 20 ribu rupiah per porsi.

2. Sate Klatak Pak Bari 

Penasaran dengan sate yang dicoba Cinta dan Rangga dalam filam AADC 2? Sate itu adalah Sate Klatak Pak Bari yang beralamat di Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No. 5. Satu porsinya sekitar 20 ribu. Sate yang memakai daging kambing empuk ini memiliki keunikan tersendiri. Jika sate pada umumnya memakai tusuk sate bambu, maka sate menggunakan tusukan besi dari jeruji sepeda. Tapi untuk dapat menikmati sate ini, kamu harus rela mengantri dulu ya!

3. Soto Bathok Mbah Katro 

Ini memang saoto bukan soto. Makanan khas Solo ini bisa dinikmati di Jl. Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kabupaten Sleman. Saoto sendiri terdiri dari komponen utama daging sapi yang disiram kuah bening. Uniknya, makanan ini disajikan dalam tempurung kelapa (bathok). Dan biasa dimakan bersama tempe goreng, sate usus, dan sate telur puyuh. Tempat makannya berupa lesehan. Ketika makan di sini, kamu bisa merasakan wisata kuliner dan wisata budaya dalam satu paket dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah saja.

4. Es Buah PK 

Teriknya cuaca Jogja akan adem seketika setelah kamu menikmati segarnya Es Buah PK yang terkenal di Jl. Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan. Es buah yang sudah berjualan sejak 1973 ini memang kerap ramai pembeli. Dalam satu porsinya yang dihargai 8000 rupiah, kamu bisa menimati segar dan manisnya perpaduan es parut, nangka, cincau, kelapa muda, alpukat, dan susu coklat.

5. Oseng Mercon Bu Narti 

Kalau kamu penasaran sama pedasnya oseng mercon khas Jogja, salah satu tempat yang cukup terkenal enak dan murah adalah Oseng Mercon Bu Narti. Sudah berjualan puluhan tahun, oseng mercon racikan Bu Narti masih bertahan mempertahankan citarasa yang membuat pembelinya ingin kembali lagi. Dengan mengeluarkan uang mulai dari 15 ribu rupiah, kamu bisa menikmati oseng mercon yang terdiri dari daging, kikil, gajih, dengan cabe rawit yang melimpah. Siap-siap meledak di mulut!

6. House of Raminten 

House of Raminten bisa jadi tempat pilihan saat di Jogja dan lapar tengah malam. Ya, mereka buka 24 jam. Nuansa Jawa yang begitu kentara, bau dupa, sesajen, dan pegawai yang memakai bawahan jarik. Ketika masuk, kamu akan merasakan tempat ini begitu nyentrik. Ketika masuk, kamu akan merasakan tempat ini begitu nyentrik. Menunya sendiri didominasi makanan khas Yogyakarta yang rata-rata dibanderol 10 ribuan. Jika kamu penasaran, langsung saja datang ke Jl. FM Noto No. 7 Kota Baru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

7. The Manglung Café 

The Manglung Café dapat jadi pilihan tempat mengisi perut setelah kamu menjelajah pantai-pantai indah di kawasan Gunung Kidul. Café yang beralamat di Jl. Ngoro Ngoro Ombo No. 16, Patuk, Gunung Kidul ini lebih dominan dengan menu khas nusantara dengan harga makanan berat mulai dari 25 ribu rupiah. Yang paling favorit di sini adalah nasi goreng Manglung dengan bumbu racikannya yang khas. Sambil bersantap, Anda pun bisa menikmati pemandangan perbukitan yang berpadu dengan rumah-rumah penduduk dari ketinggian. Waktu terbaik untuk datang ke café ini adalah saat malam di mana pengunjung bisa menikmati citylight yang memukau.