Halaman

Selasa, 15 Mei 2018

Inilah Perhitungan Biaya Selama 3 Hari Wisata di Jogja

Jika belakangan ini pekerjaan terasa berat dan susah fokus, itu berarti saatnya merencanakan piknik! Tak perlu ke luar negeri hingga harus lama cuti, tak perlu juga keluar uang banyak hingga menghabiskan tabungan. Wisata ke Jogja bisa jadi pilihan tepat yang tidak membuat kantong cekak.

Inilah Perhitungan Biaya Selama 3 Hari Wisata di Jogja

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jogja memiliki tempat-tempat wisata menarik. Mulai dari wisata pantai, wisata perbukitan, wisata gua, wisata budaya, hingga wisata kuliner dan belanja. Banyaknya tempat wisata membuat menjelajah Jogja tak cukup 1 hari. Setidaknya butuh waktu 3 hari untuk mengunjungi ikon-ikon wisata populer di kota yang juga disebut kota pelajar ini.

Untuk liburan 3 hari di sana, uang saku yang perlu Anda disiapkan juga cukup terjangkau. Tak percaya? Berikut kami beri gambaran untuk mempersiapkan anggaran wisata ke Jogja. Budget minimal tapi tidak meninggalkan segi kenyamanan selama berwisata.

1. Penginapan 

Penginapan menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan. Sekarang ini pun pesan penginapan di Jogja bisa secara online melalui situs-situs online travel agent (OTA). Jika ingin penginapan murah, Anda bisa memilih hotel bintang 2 atau 3 atau guest house yang biasanya ditarif antara Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu per malam.

Semakin strategis lokasi penginapan, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Penginapan berupa hotel maupun guest house di kawasan Malioboro rata-rata menawarkan tarif yang lebih mahal daripada kawasan lainnya mengingat Malioboro menjadi pusat aktivitas pariwisata di Jogja. Namun, masih ada beberapa hotel di Malioboro dengan harga terjangkau.

Kita asumsikan memilih penginapan berupa budget hotel dengan tarif Rp 150 ribu per malam, dengan fasilitas AC (air conditioner), Wi-Fi, dan kamar mandi di dalam lengkap dengan shower dan water heater. Jadi, untuk wisata 3 hari 2 malam, budget penginapan yang perlu dipersiapkan adalah Rp 300 ribu.

2. Transportasi 

Jika ingin cepat, Anda bisa pulang pergi Jogja naik pesawat. Harga tiketnya antara Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta satu kali pergi. Alternatif yang lebih terjangkau adalah kereta. Harga tiket kereta dari Jakarta atau Bandung ke Jogja mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 170 ribu untuk kelas ekonomi. Sementara kelas bisnis dan eksekutif harganya di atas Rp 200 ribu. Hitungan kasarnya, Anda memilih kereta ekonomi. Kita bulatkan per keberangkatan harga tiketnya Rp 100 ribu. Jadi, Anda perlu menyiapkan Rp 200 ribu untuk biaya transportasi pulang pergi ke Jogja.

Setelah sampai di Jogja, Anda tentunya perlu transportasi juga. Sewa motor dapat jadi pilihan agar lebih fleksibel mendatangi tempat-tempat menarik di Jogja. Tarif per hari untuk sewa motor di Jogja mulai dari Rp 50 ribu per hari. Jika sewa untuk 3 hari, berarti Rp 150 ribu. Sewa mobil bisa jadi pilihan jika Anda datang ke Jogja bersama teman atau keluarga. Rata-rata, tarifnya Rp 300 ribu per 24 jam. 

3. Makan dan belanja 

Tak cuma nasi kucing yang harganya dua ribuan, banyak kuliner lain di Jogja yang layak dicoba ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Jadi, saat ke Jogja, budget jajan perlu dianggarkan secara khusus. Kita anggarkan Rp 500 ribu untuk makan dan belanja oleh-oleh di pusat oleh-oleh Jogja.

Jadi, total biaya pokok selama 3 hari wisata di Jogja adalah:

Penginapan: Rp 300.000,-

Transportasi: Rp 200.000,-

Makan dan oleh-oleh: Rp 500.000,-

Total: Rp 1.000.000,-

*Biaya sesungguhnya bisa berbeda. Belum lagi ditambah biaya lain-lain.

Dengan biaya setidaknya Rp 1 juta untuk 3 hari, wisata ke Jogja cukup murah bukan?